Sistem Informasi
Sistem : Satu/beberapa elemen yang terkait satu sama lain yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama.
Data : Suatu berita yang sudah diolah sedemikian rupa yang berguna untuk orang tertentu saja (berupa fakta)
Informasi : Suatu berita yang sudah diolah sedemikian rupa yang berguna untuk kita/bersama-sama.
SI
: Integrasi manusia dan mesin untuk penyediaan informasi dalam
mendukung fungsi-fungsi operasional manajemen dan pembuatan keputusan
pada suatu organisasi.Meliputi hardware,software,data base,model
pengambilan keputusan dan manual prosedur
Piramida SIM (Sistem Informasi Management)
Perancangan Operasional > Low Management
|
Penggunaan Transaksi > Worker Management
|
Perancangan Taktis > Middle
|
Pernacangan Strategis > Top Management
|
Program
|
Un Program
|
Tahapan pengambilan Keputusan
- Intelegence
: Mempelajari lingkungan atas masalah yang memerlukan keputusan dimana
data yang didapat kemudian diolah lalu diuji untuk menjadi petunjuk
pengambilan keputusan
- Design : Merancang beberapa alternative dalam pengambilan keputusan
- Choice : memilih alternative yang baik untuk menjadi keputusan
Model Sistem Umum Perusahaan
Model merupakan abstraksi oleh sesuatu yang mempresentasikan objek yang biasa disebut entitiy.Empat jenis model meliputi :
1. Model
Fisik : Model yang menggambarkan entity dengan 3 dimensi,biasanya model
ini berukuran lebih kecil dengan aslinya.Contoh :
mobil-mobilan,miniature,dll.
2. Model Naratif : Model yang menjelaskan entity secara lisan/tertulis yang digunakan sehari-hari.
3. Model
Grafis : Model yang menjelaskan entity dengan abstraksi
garis,symbol,dan bentuk yang seringkali disetai dengan penjelasan
naratif.Contoh : analisis dengan masalah flowchart
4. Model Matematis : Model yang disajikan dalam rumus matematika.Contoh :
BEP = TFC
P-C
Keterangan : BEP(Break Event Point),TEC(Total Fixed Cost),P(Price),C(Cost)
Kelebihan dari model matematis
- Tidak mengenal geografis (siapa saja yang mengerti symbol matematis pasti dapat mengerti model tersebut)
- Ketepatan hubungan antara bagian dari suatu obkek dapat dideskripsikan
Empat dimensi informasi meliputi
1. Tepat waktu
2. Relevansi
3. Kelengkapan
4. Ketepatan
Siklus hidup system : Proses evolusi yang terjadi dalam pengimplementasian system/subsistem informasi berdasarkan komputer.
SIM (Sistem Informasi Management)
Komite SIM bertugas untuk memberikan pedoman pelaksanaan,pengarahan,pengontrolan pada penggunaan sumber komputerisasi perusahaan
3 Fungsi Komite SIM
1. Menetapkan kebijakan untuk memastikan dukungan computer pada tujuan perusahaan
2. Memberikan wewenang dalam member persetujuan untuk permintaan dana komputerisasi
3. Mengatasi konflik yang berhubungan dengan prioritas pengembangan komputer
Tim
proyek akan mengembangkan system tertentu untuk memenuhi kebutuhan
kelompok/perorangan dalam perusahaan atau organisasi yang meliputi 4
fase siklus system yaitu :
I. Fase
Perencanaan : Terdapat fungsi dari perencanaan CBIS (Computer Base
Information Sistem) yang meliputi mendefinisikan ruang lingkup dari
proyek,mengenal bidang masalah yang potensial,mangatur urutan
tugas,memberikan dasar pengontrolan
Fase perencanaan terdiri dari 8 langkah :
1. Mengenal masalah : mengenali karakteristik proyek CBIS yang meliputi 2 hal yaitu : 1 Proyek
mempunyai cakupan luas untuk seluruh organisasi dan proyek menghasilkan
system yang berpengaruh pada penampilan jangka panjang perusahaan,2 Inventarisasi masalah dan kebutuhan dari setiap bagian/divisi.
2. Mendefinisikan
masalah yang dilakukan manager dan spesialis informasi,sehingga manager
harus memahami dan mengetahui masalah yang muncul
3. Menyusuntujuan system,diuraikan bedasarkan dari tujuan perusahaan
4. Mengidentifikasikan kendala system sebelum CBIS dimulai
5. Melakukan study kelayakan
Dimensi
study kelayakan antara lain : resmi,ekonomis,tekhnis,professional,dan
terjadwal.Meninjau faktor-faktor yang mempengaruhi system agar manager
dapat menyelesaikan masalah yang telah didefinisikan untuk mencapai
tujuan.
6. Membuat proposal proyek.Contoh proyek study meliputi 9 point :
o Pengenalan (alasan untuk membuat proposal)
o Pendefinisian masalah
o Tujuan system dan kendala
o Alternatif-alternatif yang mungkin terjadi
o Kegiatan-kegiatan yang direkomendasikan berupa tugas,sumber kebutuhan,penjadwalan,dan rekap biaya
o Hasil yang sudah diantisipasi meliputi : financial,operasional,dan organisasi
o Implementasi umum
o Tujuan study proyek yaitu tugas dan biaya
o Kesimpulan
7. Menyetujui/tidak suatu proyek yang diputuskan oleh komite SIM dilihat dari 2 hal pokok
o Apakah system sudah didefinisikan
o Apakah proyek study yang dianjurkan merupakan cara terbaik untuk menentukan perencanaan CBIS
8. Menetapkan mekanisme pengontrolan yang dilakukan oleh komite SIM.
II. Fase Analisis dan Perencanaan
Terdiri dari 11 langkah :
1. Mengumumkan proyek,pihak perusahaan perlu menjelaskan system computer yang akan dapat melalui pertemuan/presentasi
2. Menyusun tim proyek,disusun berdasarkan kebutuhan pengembangan system.
3. Mendefinisikan
kebutuhan informasi,seorang analis harus mengumpulkan informasi
mengenai kebutuhan user dengan melakukan observasi,survey,interview
perorangan dan pencarian record secara peranan pendukung.
4. Mendefinisikan kriteria pengembangan system yang ditentukan berdasarkan kebutuhan informasi
5. Merancang
subsistem secara lengkap,biasanya menggunakan pendekatan Top Down yaitu
menentukan proses secara umum lalu melengkapi proses secara khusus
Dalam merancang,seorang analis system membutuhkan alat berupa kamus data/DFD (Data Flow Diagram)
6. Mengidentifikasi
konfigurasi peralatan alternative yang dilakukan oleh analis system
untuk menentukan konfigurasi peralatan komputerisasi yang memungkinkan
program dapat
7. menjalankan pemrosesan secara efektif.
8. Mengevaluasi konfigurasi alternative yang dilakukan oleh analistis system bersama dengan manager
9. Mwnwntukan konfigurasi terbaik bagi system secara keseluruhan yang dilakukan manager bersama analistis system.
10. Membuat
proposal pengimplementasian proyek,analis system membuat proposal ini
dengan memberikan kerangka bagi pekerjaan yang dilakukan,keuntungan yang
diharapkan dan biaya proposal proyek study
11. Menyetujui/tidak
pengimplementasian proyek yang diputuskan oleh komite SIM dimana CIO
secara berlanjut memberikan informasi kemajuan kepada komite SIM.
III. Fase Implementasi Terdiri Dari 9 Langkah
1. Merancanakan implementasi
2. Mengumumkan pengimplementasian proyek
3. Mengorganisir staff pelayanan informasi
4. Menentukan computer
5. Menentukan perpus
6. Membuat data base
7. Mendidik pesrta dan pemakai
8. Membuat fasilitas fisik
9. Mengganti system baru
IV. Fase Pengoprasian dan Pengawasan
Terdiri dari 3 hal :
1. Tinjauan implementasi dilakukan secara berlanjut seperti mengevaluasi sejauh mana system tersebut memenuhi kriteria penampilan
2. Tinjauan ini diulangi sepanjang kehidupan operasi system tersebut
3. Bila
memerlukan penggantian /penggantian maka siklus hidup system diulangi
untuk melakukan peningkatan-peningkatan yang menghasilkan system baru
0 komentar: